Sabtu, 04 Januari 2014

Hamster VS Tikus

HAMSTER

Berdasarkan artikel yang pernah saya baca, awalnya tidak banyak jenis hamster yang beredar di Indonesia. Jenis yang pertama dikenal ialah jenis syirian.  Jenis ini adalah yang memiliki ukuran terbesar diantara jenis hamster lain. Nah, pasti diantara kalian banyak yang mikir hamster itu adalah tikus..tapi tunggu dulu, jangan salah ya.. Hamster itu beda loo sama tikus, sekalipun wujud rupanya sama! Beberapa perbedaanya ialah hamster itu lebih kecil dari tikus, ekornya juga lebih pendek.  Selain itu pola hidupnya lebih bersih dan tidak takut seperti manusia, alias lebih jinak. Mangkanya, beberapa tahun terakhir hamster jadi primadona di dunia hewan peliharaan. Habis lucu sihh!
Nah, berikut ini akan saya terangkan sisi perbedaanya berdasarkan taksonomi hamster dan tikus. Biar lebih ilmiah lagi, hehe..
Berikut klasifikasi Biologi Hamster:
  • Kingdom - Animalia
  • Phylum – Chordata (bertulang belakang)
  • Class - Mammalia
  • Order – Rodentia (hewan pengerat)
  • Family – Cricetidae
  • Sub Family – Cricetinae

Berikut klasifikasi Biologi Tikus:
  1. Kingdom - Animalia
  2. Phylum – Chordata (bertulang belakang)
  3. Class - Mammalia
  4. Order – Rodentia (hewan pengerat)
  5. Family – Muridae
  6. Sub Family – Murinae




Jadi dari klasifikasi diatas kita tau kalo hamster dan tikus itu beda. Mereka dalam satu suku (ordo)  tapi beda keluarga (family). Dengan kata lain, si Hamster ini sepupu dari si Tikus yang hidupnya di gurun dan jauh lebih bersih. So, lebih aman buat dipelihara dari sisi kesehatanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar