Minggu, 05 Januari 2014

HAMSTER: Cara Merawat



HAMSTER: Cara Merawat

                Gimana? Udah dipilih belum hamsternya?? Nah, buat kalian yang udah memiliki hamster saya kasih tips merawatnya biar hamster kalian tetep lucu, aktif dan sehat. 

    1. Pakan
Menurut literatur yang saya baca, hamster adalah binatang gurun, hidupnya ditempat kering. Otomatis jenis makanan hamster dihabitat aslinya ialah biji-bijian dan tumbuhan yang mengandung sedikit air. Ingat, hamster bukan kelinci. Perut mereka nggak cocok dengan makanan berair. Selain itu pantangan yang lainya ialah hamster tidak boleh diberi jenis jeruk apapun. Jadi, kanan yang aman untuk hamster ialah millet, biji bunga matahari dan sayuran yang tidak terlalu segar dan mengandung sedikit air, seperti wortel, kacang panjang dan tauge. Bisa juga dikasih kukis atau kue kering tapi tidak boleh sering-sering, bisa obesitas nantinya dan amster jadi tidak lagi lincah.


    1. Kandang
Kandang bisa berupa aquarium bekas atau memang kandang khusu yang disediakan untuk hamster. Nah, ini penting banget! Ukuran kandang hamster sangat mempengaruhi tingkat kelincahan. Semakin besar ukuran kandangnya, semakin aktif hamster itu bergerak. Kandang juga harus dibuat agak tinggi karena hamster adalah pelompat handal. Selain itu kandang sengan model jeruji-jeruji harus diperhatikan baik-baik ukuranya. Karena hamster bisa saja menyelinap keluar karena tubuhnya sangat elastis. 



    1. Kebersihan
Kandang harus diberi pasir ata serbuk kayu supaya bisa mengurangi bau yang dihasilkan dari pipis dan pup nya. Pasir atau serbuk kayu harus diganti secara rutin supaya tidak tumbuh jamur, maksimal sebulan sekali. Bila dibiarkan dan tidak diganti akan menyebabkan hamster mudah terserang penyakit, bau menyengat dan menimbulkan alergi pada orang-orang disekitarnya. Nggak mau kan sakit gara-gara hamster yang kotor?? Ada lagi nih cara biar hamster tetep wangi, yakni sediakan wadah yang diisi dengan pasir mandi wangi. Semuanya tersedia di petshop.

    1. Permaianan
Hamster adalah hewan nokturnal, aktifnya dimalam hari. Supaya kesehatan hamster tetap terjaga, dan saat aktifnya tidak percuma, beri permaianan didalam kandang seperti bola putar, kincir putar, atau pipa lorong. Hal ni bisa membiasakan hamster untuk terus bergerak aktif dan mencegah obesitas. Jangan memilih mainan yang berisik ya teman, dijamin, nanti kalian nggak bisa tidur. Hehehe.

                Gimana tipsnya? Hehee.. itu tadi seputar pengalaman saya memlihara hamster. Semoga bermanfaat untuk kalian. Tunggu terus info selanjutnya yaaa..




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar